Peta Persaingan 4 Laga Perempat Final Liga Champions

Road to Kyiv

Hasil drawing perempat final di 8 besar Liga Champions sudah keluar, dan akan memunculkan laga besar diantara keempat laga yang tersaji nanti. Ada 2 laga menarik tanpa mengenyampingkan 2 laga yang lainnya di perempatfinal, yaitu Juventus lawan jawara Liga Champions musim lalu Real Madrid serta ada juga Liverpool melawan calon kuat juara Liga Inggris musim ini, Manchester City.

  • Juventus vs Real Madrid

Laga pertama yang menarik adalah Juventus lawan Real Madrid. Aroma balas dendam tercium dalam laga ini. Juventus boleh jadi bakal membalaskan dendam musim lalu dari juara bertahan Real Madrid di ajang ini. Sekedar informasi final tahun lalu Juventus takluk dengan skor yang mencolok 1-4.

Namun kali ini, kesebelasan berjuluk Nyonya Tua itu berkesempatan akan menjamu lawan kuatnya El Real terlebih dahulu pada babak perempat-final nanti di Turin, Italia.

Melihat peta kekuatan diantara dua kesebelasan tidak begitu berbeda jauh dibandingkan dengan mayoritas pemain pada laga final tahun lalu. Los Blancos dengan kekuatan pemain yang hampir sama pada laga final akan berusaha menaklukan jawara Italia ini dengan susunan pemain yang di beberapa lini sedikit berubah.

BBC (Barzagli, Benatia, dan Chiellini) dari Juventus akan berusaha menghadang serangan dari BBC El Real yang terkenal menakutkan, Bale, Benzema dan Cristiano Ronaldo.

Namun ini adalah laga dua leg yang mungkin saja akan menjadi laga yang menarik mengingat Juventus pernah menyingkirkan El Real pada musim 2015 dengan agregat 3-2.

“Saya yakin klub yang menunjukkan determinasi yang akan menjadi pemenang” kata Buffon dalam sebuah wawancara setelah hasil drawing 8 besar liga Champions.

  • Sevilla vs Bayern Munchen

Bayern Munchen akan menghadapi Sevilla pada babak perempat final Liga Champions 2017-2018 yang digelar pada 3 dan 11 April 2018. Pertemuan nanti bakal mencatatkan sejarah tersendiri untuk Bayern Munchen dan Sevilla. Sebab, laga perempat final tersebut menjadi pertemuan pertama kedua tim di kompetisi Eropa.

Namun, Bayern ternyata punya catatan buruk ketika menghadapi klub Spanyol dalam laga tandang. Dalam lima pertandingan tandang ke Spanyol, klub Jerman tersebut belum pernah menang.

Sementara itu, Sevilla punya catatan bagus  jika berjumpa klub Jerman di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan. Pasukan Vincenzo Montella itu tidak pernah kalah yakni dengan meraih tujuh kemenangan dan empat kali imbang.

Selain itu, Sevilla juga selalu menjadi mimpi buruk buat klub-klub Jerman di pentas Eropa. Sevilla tercatat mampu menyingkirkan empat klub Jerman dalam lima musim terakhir di Liga Champions atau Liga Europa.

Tentu saja ini menjadi sinyal bahaya buat Bayern Munchen. Apalagi Sevilla pada babak 16 besar kemarin mampu mempermalukan anak asuh Mourinho di Old Trafford dan berhasil lolos ke babak 8 besar liga Champions.

  • Liverpool vs Manchester City

Laga di hari berikutnya akan mempertemukan jawara Liga Champions 5 kali yaitu Liverpool melawan tim calon jawara Liga Inggris musim ini, Manchester City.

Undian yang mempertemukan dua tim Inggris ini tentunya menjadi bahasan tersendiri karena mereka harus menyingkirkan tim senegara satu sama lain, kabar baiknya tentu Inggris sudah jelas akan mengirimkan wakil di semifinal Liga Champions musim ini.

Laga yang cenderung berintensitas tinggi yang diperagakan oleh anak asuh Pep dan Klopp patut untuk ditunggu-tunggu. Dalam 2 pertemuan terakhir kedua tim berhasil mencetak 12 gol.

Menarik bukan?

Taktik gegenpressing milik Klopp akan melawan taktik counter pressing dari Pep. Pep yang cenderung melakukan build up serangan sejak dari bawah tentu akan menjadi sasaran empuk strategi pressing 2 kali lipat milik Klopp. Di laga terakhir mereka Liverpool sangat superior di hadapan publik Anfield dengan mencetak 3 gol dalam jangka waktu 10 menit. Meski laga berakhir dengan skor tipis tentunya ini menjadi pembelajaran buat Klopp maupun Pep jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

Laga yang akan diawali di Anfield terlebih dahulu tentu harus dimanfaatkan oleh Klopp mengingat sebelum bulan April ini akan ada jeda Internasional yang tentunya akan menjadi kecemasan jika sang pemain inti seperti Salah, Mane atau Firmino mengalami cedera. Begitupun sebaliknya dengan skuad asuh milik Pep.

Liverpool yang memiliki trio Firmansah (Firmino, Mane, Salah) patut diwaspadai oleh para pemain bertahan the Citizens. Begitu juga dengan pemain bertahan Liverpool yang harus ekstra keras menahan laju pemain depan the Citizens jika tidak ingin dipermalukan di kancah Eropa.

Laga ini tentunya akan menjadi tontonan yang menarik buat penikmat sepakbola.

  • Barcelona vs As Roma

Barcelona akan melawan AS Roma pada babak perempat final Liga Champions 2017-2018. Leg pertama akan berlangsung di Camp Nou pada 4 April, kemudian Los Cules akan bertandang ke Stadio Olimpico pada 10 April 2018.

Pertemuan nanti menjadi edisi kelima bagi kedua tim sepanjang sejarah. Peta kekuatan terbilang berimbang karena Barcelona meraih satu kemenangan, kalah sekali, dan dua kali imbang melawan Roma.

Dengan demikian, Roma diyakini bakal menjadi ancaman buat Barcelona. Lionel Messi dan kawan-kawan tak boleh memandang sebelah mata kekuatan calon lawannya tersebut.

Meski demikian, Barcelona punya catatan bagus ketika menjamu klub Italia di Camp Nou. Dalam 12 pertemuan terakhir melawan klub Italia di kandang, Barcelona meraih sembilan kemenangan dan tiga kali imbang.

Barcelona juga masih akan bertumpu dengan ketajaman Lionel Messi ketika menghadapi AS Roma nanti. Seperti diketahui, pemain berjuluk La Pulga itu sukses mencetak 12 gol dalam 19 pertandingan melawan klub Serie A dengan rataan satu gol setiap 136 menit.

 

Kira-kira tim mana saja yang akan lolos ke semifinal Liga Champions tahun ini ?

Kita tunggu saja!