Mengerikan! Inilah Beberapa Serangan Teroris Terbesar Yang Pernah Dicatat Sejarah

Dari video yang beredar, beberapa orang bahkan menerjunkan dirinya dari lantai atas gedung untuk menyelamatkan diri. Namun, hingga saat ini pelaku utama serangan ini masih misterius. Banyak yang menilai bahwa konspirasi tingkat tinggi berada di balik peristiwa tersebut.

  • Mumbai-India (November 2008)

 

Asap mengepul dari sebuah gedung membuat panik orang-orang. Royal Hotel Taj Mahal menjadi target serangan dari kelompok radikal. Mereka bahkan melakukan penembakan, pengeboman, dan penyanderaan orang-orang yang berada di hotel Taj Mahal.Terjadi pertarungan sengit antara kelompok teroris dan militer yang menghabiskan waktu selama 64 jam. Pada hari sebelumnya yang mengerikan terdapat juga serangan lain di kota Mumbai. Serangan-serangan tersebut terjadi di stasiun kereta api Chhatrapati Shivaji Terminus (CST), namun fokus utamanya adalah hotel tersebut. Serangan ini memakan korban jiwa sebanyak 166 orang termasuk penyerang dan melukai lebih dari 600 orang.

  • Oklahoma-USA (April 1995)

 

Pengeboman Oklahoma City adalah sebuah serangan teroris di mana Gedung Federal Alfred P. Murrah, sebuah kompleks perkantoran pemerintah AS di pusat kota Oklahoma City, Oklahoma dihancurkan, menewaskan 168 orang. Kasus ini adalah serangan teroris domestik terbesar kedua dalam sejarah Amerika Serikat.

Bom tersebut, yang diletakkan dalam sebuah truk sewaan, diledakkan di jalan di depan gedung tersebut pada 19 April 1995 pukul 9:02 pagi waktu setempat. Bom mobil tersebut berisi 2.300 kg bahan peledak, dibuat dari amonia nitrat, sejenis pupuk yang digunakan dalam pertanian, dan nitrometan, sejenis bahan bakar untuk mobil balap. Pelakunya adalah Timothy McVeigh, seorang veteran Perang Teluk, yang ditangkap sejam setelah kejadian tersebut setelah secara kebetulan ditangkap polisi karena mobilnya tidak mempunyai plat kendaraan.

Menurut pemerintah AS, motif peledakan tersebut adalah untuk membalaskan dendam bagi kelompok Ranting Daud di Waco, Texas, yang menurut McVeigh telah dibunuh oleh agen-agen pemerintah federal. McVeigh akhirnya dihukum mati dengan suntikan mati di Indiana pada 11 Juni 2001.

 

Aksi terorisme bukanlah bagian dari sebuah perjuangan membela agama. Terorisme bukanlah tujuan dari pencapaian sebuah kedamaian. Terorisme hanya meninggalkan luka yang semakin dalam bagi orang-orang yang ditinggalkan. Jika semua hal di dunia ini dibalas dengan kekejaman yang tidak berperikemanusiaan, dunia hanya akan dipenuhi oleh penjahat.

Dan masyarakat diharapkan tidak melanjutkan aksi terorisme itu dengan menyebarkan foto-foto korban di media sosial. Penyebaran foto atau video yang menampilkan korban yang terluka hanya akan menimbulkan ketakutan dan menginspirasi pelaku teror selanjutnya.

Salam satu bangsa!