Mengerikan! Inilah Beberapa Serangan Teroris Terbesar Yang Pernah Dicatat Sejarah

 

 

Jadiviral-Beberapa waktu lalu, kita dikagetkan oleh berita tentang serangan bom bunuh diri di 3 gereja di kota Surabaya. Diperkirakan korban tewas sampai saat ini berjumlah 14, ada juga sumber yang mengatakan korban tewas berjumlah 17. Belum dapat dipastikan karena banyak jasad yang hancur lebur dan belum bisa dideteksi.

Belum hilang duka Surabaya, kita dikejutkan lagi oleh berita meledaknya sebuah bom di kota Sidoarjo, ini menandakan Indonesia sedang mengalami masa yang sulit mendekati waktu-waktu bulan Ramadhan.

Entah apa alasan para teroris tersebut meneror orang-orang yang tidak bersalah. Tapi dunia sudah cukup mencatat bahwa teror-teror tersebut telah banyak memakan korban jiwa. Para korban pun berasal dari berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa. Berikut adalah beberapa serangan teror terbesar yang pernah dicatat dalam sejarah.

  • Bali (12 Oktober 2002)

 

Bali harus merasakan serangan teror yang mengerikan pada tahun 2002 lalu. Pemandangan malam yang seperti kota wisata biasanya harus berubah ketika tiba-tiba terdengar sebuah ledakan. Orang-orang berhamburan untuk menyelamatkan diri. Kepanikan, ketakutan, dan suara menjerit bercampur dengan api yang masih membara membuat ngeri siapapun yang melihat.

Rangkaian tiga peristiwa pengeboman yang terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002. Dua ledakan pertama terjadi di Paddy’s Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali, sedangkan ledakan terakhir terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat, walaupun jaraknya cukup berjauhan. Rangkaian pengeboman ini merupakan pengeboman pertama yang kemudian disusul oleh pengeboman dalam skala yang jauh lebih kecil yang juga bertempat di Bali pada tahun 2005 setelahnya. Tercatat 202 korban jiwa dan 209 orang luka-luka atau cedera, kebanyakan korban merupakan wisatawan asing yang sedang berkunjung ke lokasi yang merupakan tempat wisata tersebut. Peristiwa ini dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.

  • World Trade Centre-USA (11 September 2001)

 

Dunia sangat dikejutkan dengan serangan teror ini. Ini menjadi serangan teror paling mematikan ketika pesawat yang menampung penumpang komersial dibajak dan ditabrakan ke menara kembar WTC. Dilansir dari listtop10s.com, korban yang tewas atas tragedi ini sebanyak 2.993 orang dan 8.900 orang terluka. Diduga serangan teror ini dilakukan oleh jaringan Al Qaeda yang dipimpin oleh Osama Bin Laden.